18 January 2012

Effand Nozh

Robot Dan Dampak Bagi Kehidupan Manusia

Sinopsis Tahun 2035, Robot Dan Dampak Bagi Kehidupan Manusia -  Sinopsis untuk memenuhi tugas kuliah.


Notsend Blog - Salah satu film terbaik sebagai gambaran teknologi masa depan dan sebagai cerminan yang akan terjadi pada masa yang akan datang dengan segala kecanggihan Dunia ini adalah Film I. Robot. I, Robot disutradarai oleh Alex Proyas asal Australia. Film ini diangkat dari buku berjudul yang sama yaitu (I,Robot) karya penulis Rusia, Isaac Asimov, film ini adalah film fiksi ilmiah dengan latar Chichago, Amerika Serikat pada tahun 2035. 

Berkisah tentang sepak terjang detektif dalam mengungkap sebuah kasus pembunuhan seorang Profesor pembuat Robot Humanoid. Smith berperan sebagai Del Spooner, detektif yang menyelidiki benar tidaknya sebuah robot menjadi pembunuh seorang ilmuwan pakar robot. Spooner juga harus mengungkapkan alasan robot yang diciptakan oleh seorang Profesor yang akhirnya mati dan menjadi teka-teki siapa pembunuhnya.

Dell Spooner yang dalam mimpinya selalu terbayang  kesalahan di masa lalunya selalu berusaha menjaga manusia dari kesalahan yang pernah ia lakukan.

Para robot telah mengambil alih tugas kasar dari mengumpulkan sampah, mengantar obat, menjaga lansia sampai pengantar FedEx, tetapi Spooner bukan bagian dari itu. Spooner dibentuk sebagaimana dirinya, hingga dititik dimana dia memakai jam weker kuno dan CD player kasar yang diaktifkan dengan model suara.

Spooner memiliki alasan yang cukup kuat, berupa kilasan-kilasan yang muncul dalam mimpi buruknya. Dia menjadi skeptis dengan jaminan keamanan oleh Three Laws of Rocotics (udang-undang untuk robot), dimana negara robot yang manapun tidak bisa melukai manusia, harus mentaati manusia, dan hanya bisa melindungi sendiri dengan mengikuti dua undang-undang yang pertama.

Dalam ceritanya, terdapat human error dalam pembuatan robot NS5, dimana robot-robot tersebut diciptakan untuk melanggar hukum-hukum yang telah ditetapkan. Sehingga munculah robot-robot perusak profesional yang sangat tidak patuh pada manusia. Untuk memperbaiki system tersebut, VIKI harus dihancurkan, dan cairan nanite harus disuntikan ke otaknya.

Sewaktu penemu robot ternama Dr. Alfred Lanning (James Cromwell) diketemukan telah mati, dan meninggalkan serangkaian pesan hologram yang samar. Spooner dengan cepat mencurigai hasil penemuan terakhir, Sonny robot yang memiliki kemampuan lebih dari robot yang biasanya dan lebih seperti manusia.

Ada psikolog robot yang jelita Dr. Susan Calvin (Bridget Moynahan), yang bertugas untuk membuat robot lebih manusiawi. Seorang supervisor yang membuat jengkel dan sekaligus membuat simpatik Spooner, Lt. John Bergin (Chi McBride) serta si seram yang bekerja dengan angkatan dibalik robot Lance Robertson.

Dr Susan Calvin adalah seorang diantara pemeran film yang menjadi kunci dia mengetahui semua rahasia, bisa melalui semua pintu, bisa memecahkan semua masalah dan membantu Spooner bergerak hampir di semua gedung pencakar langit dunia Robotic, yang kelihatannya berpenjaga luar biasa sakti. Ketika pada akhirnya mereka bersatu untuk melawan penjahatnya, dengan nyata membawa mereka ke tempat lain di mana karakter bisa teperdaya oleh ratusan kaki dan entah bagaimana menyelamatkan diri.
Tidak ada banyak kejutan sewaktu Spooner mengungkap satu persatu conspiracy menjadi titik klimaks yang penuh lainnya, serangan oleh seregu robot pada Spooner di terowongan mobil, sebuah doozy dengan kerumunan orang yang terorganisir, menyenangkan serta ketajaman visual.

Teknologi komunikasi yang dapat dilihat dari film ini adalah dalam penciptaan sebuah alat yang bernama proyektor hologram. Hologram bewarna hijau ini dapat memunculkan bayangan orang mati,  dan diprogram seolah-olah orang mati tersebut dapat berkomunikasi dengan manusia dengan jawaban terbatas.

I Robot Car (Audy)
Beragam sekali pendapat dan dampak serta manfaat dari kehidupan yang serba maju apalagi jika kita hidup sudah pada jaman seperti pada film I, Robot. Jadi, teknologi robot dan system digital yang diciptakan oleh manusia bisa sangat membantu mempermudah pekerjaan manusia. dalam hal ini akan sangat membantu dalam banyak bidang misalnya dalam pengembangan kedokteran yang pasti manfaat nya sangat besar bagi kehidupan dimasyarakat.

Bisa juga sangat merugikan manusia, dan merusak kehidupan manusia jika terjadi kesalahan program dan kekacauan pada systemnya misalnya saja terjangkit virus dan kemudian muncul berbagai bug yang akhirnya akan membahayakan kehidupan manusia karena robot tidak terkendali. Selain itu dampak dari segi social ekonomi, teknologi tersebut dapat menambah pengangguran, dan mengurangi interaksi sesama manusia karena semua pekerjaan telah dilakukan oleh robot sehingga berkurangnya rasa saling ketergantungan sesama manusia. dapat pula menjadikan kekacauan semisal saja terjadi nya error pada robot dan terjadinya  terjangkitnya oleh virus pada systemnya. Tetap saja sebagus apapun teknologi harus dapatlah dibatasi oleh yang membuatnya untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan dan mengakibatkan kerugian bagi sesama.

Effand Nozh

About Effand Nozh -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

2 komentar

Write komentar
Saturday, 21 January, 2012 delete

good job!
follow blog saya.
thx

Reply
avatar
Effand Nozh
AUTHOR
Saturday, 21 January, 2012 delete

Haaaa. Suwun Kunjunganya..

Reply
avatar